The IMPLEMENTATION OF COLLABORATIVE LEARNING METHODS ON STUDENTS' SOCIAL SKILLS IN ELEMENTARY SCHOOL
-
DOI:
https://doi.org/10.57032/edukasi.v2i2.176Keywords:
pendidikan, kolaboratif, sosial, siswa, sekolah dasarAbstract
Pendidikan sebagai salah satu aspek dalam kehidupan manusia merupakan salah satu hal yang berkembang beriringan dengan pertumbuhan peradaban manusia. Dinamika perubahan yang terjadi pada sebuah masa tentunya akan mempengaruhi metode-metode yang digunakan dalam pendidikan anak sekolah dasar. Pihak sekolah tentunya akan dituntut untuk menyeleksi setiap metode pembelajaran terkhusus metode yang sekiranya mampu membekali kemampuan sosial siswa dalam menjalani kehidupannya. Tujuan dari penelitian ini adalah memahami metode pembelajaran kolaboratif sebagai salah satu metode yang mengasah keterampilan sosial siswa di tingkat sekolah dasar. Apa pengaruh penerapan metode pembelajaran kolaboratif terhadap pengembangan keterampilan sosial siswa di tingkat sekolah dasar? Bagaimana perbedaan keterampilan sosial antara siswa yang belajar melalui metode pembelajaran kolaboratif dibandingkan dengan siswa yang belajar secara konvensional di sekolah dasar? Penelitian ini kemudian mendeskripsikan terkait langkah implementasi metode pembelajaran kolaboratif terhadap keterampilan sosial siswa.
References
Agusniatih, A., & Manopa, J. M. (2019). Keterampilan sosial anak usia dini: teori dan metode pengembangan. Edu Publisher.
Alwina, S. (2023). Peran Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Sintaksis, 5(1), 18–25.
Aulia, H., Nurhalimah, A., Mandailina, V., Mahsup, M., Syaharuddin, S., Abdillah, A., & Zaenudin, Z. (2023a). Efektifitas Metode Pembelajaran Kolaboratif dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Seminar Nasional Paedagoria, 3, 314–320.
Aulia, H., Nurhalimah, A., Mandailina, V., Mahsup, M., Syaharuddin, S., Abdillah, A., & Zaenudin, Z. (2023b). Efektifitas Metode Pembelajaran Kolaboratif dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Seminar Nasional Paedagoria, 3, 314–320.
Azahra, A. C., Nisrina, N., Mumtaza, N., & Rahmawati, I. (2022). Pembelajaran Kolaboratif Untuk Melatih Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Pembelajaran Fisika. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.
Azis, A. A., Adnan, A., Muis, A., & Musawwir, M. (2013). Penerapan Pembelajaran Kolaboratif untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Siswa Kelas XI IPA 3 melalui Lesson study berbasis Sekolah di SMA Negeri 8 Makassar. Jurnal Bionature, 14(1), 38–43.
Bukoting, S. (2023). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. EDUCATOR: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 3(2), 70–82.
Daud, Y. M. (2022). Dinamika Pendidikan Islam di Indonesia. Intelektualita, 10(02).
Efrata Tarigan, T. P. E., & Sitepu, E. (2020). Kecerdasan Emosional dalam Mengatasi Tekanan di Masa Akhir Studi. KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta, 3, 25–35.
Hadisi, L. (2015). Pendidikan karakter pada anak usia dini. Al-Ta’dib, 8(2), 50–69.
Hanik, N. R., & Harsono, S. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Komparasi yang Diintegrasikan dengan Pendekatan Kolaboratif Ditinjau dari Kemampuan Analisis Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 114–122.
Hidayah, R., Fajaroh, F., & Narestifuri, R. E. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Collaborative Problem Based Learning Pada Pembelajaran Kimia di Perguruan Tinggi. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 503–520.
Marinyo, G. (2022). Implementasi Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam di Era Disrupsi (Studi Kasus MAN Insan Cendekia Halmahera Barat). Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 14(2), 107–122.
Noperman, F. (2020). Pendidikan Sains dan Teknologi: Transformasi sepanjang masa untuk kemajuan peradaban. Unib press.
Nur, L., & Wathon, A. (2018). Peran Media Pembelajaran Speaker Terhadap Minat Belajar Siswa. Sistim Informasi Manajemen, 1(1), 48–63.
Nurhasanah, A., & Indrajit, R. E. (2021). Parenting 4.0: Mengenali Pribadi dan Potensi Anak Generasi Multiple Intelligences. Penerbit Andi.
Pujiyono, D. (2022). MENGHADIRKAN SOSOK INSPIRATIF Dalam Praksis Pendidikan di Sekolah. Penerbit P4I.
Riza, F., & Yoto, Y. (2023). Membangun Kecerdasan Emosional Siswa SMK untuk Menjawab Tantangan Industri Modern. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 8(4), 940–947.
Saleh, C. (2020). Konsep, pengertian, dan tujuan kolaborasi. Pustaka Universitas Terbuka, 1.
Saputra, H., & Putra, A. M. A. (2021). Pengembangan framework pembelajaran kolaboratif untuk institusi pemerintah menggunakan ADDIE dan ISO 20000. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(1), 41–54.
Suryadi, D., Yulianti, K., & Junaeti, E. (2010). Model Antisipasi dan Situasi Didaktis dalam Pembelajaran Matematika Kombinatorik Berbasis Pendekatan Tidak Langsung. Tersedia: Http://File. Upi. Edu/Direktori/FPMIPA/JUR. _PEND. _MATEMATIKA/195802011984031-DIDI_SURYADI/DIDI-24. Pdf.[10 Desember 2014].
Ulum, I. (2017). INTELLECTUAL CAPITAL: Model Pengukuran, Framework Pengungkapan& Kinerja Organisasi. UMMPress.
Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and innovation skills untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. 2nd Science Education National Conference, 13(2), 1–18.
						

