The DEVELOPMENT OF COMMUNITY-BASED LEARNING MODELS TO ENCOURAGE STUDENT SOCIAL PARTICIPATION

-

Authors

  • Deden Syarif Telkom University Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.57032/edukasi.v2i2.175

Keywords:

pembelajaran, komunitas, sosial, mahasiswa

Abstract

Komunitas dalam sebuah tatanan masyarakat dapat diartikan sebagai tempat berkumpulnya individu-individu yang memiliki satu visi atau minat yang sama. Hal ini membuat komunitas bermakna dalam kehidupan manusia sebagai sarana pemenuhan kebutuhan fisiologis berupa sosial dan pemenuhan aktualisasi diri. Sistem yang berlangsung dalam sebuah komunitas turut mempengaruhi model pengembangan anggota yang juga dapat disebut sebagai model pembelajaran. Dari model komunitas para peneliti turut mengambil perhatian terhadap model pembelajaran berbasis komunitas untuk dapat mendukung dan mendorong partisipasi sosial mahasiswa. Penelitian ini ditujukan untuk memahami langkah dan strategi yang dibutuhkan dalam mengembangkan model pembelajaran berbasis komunitas di lingkungan akademik mahasiswa. Model pembelajaran berbasis komunitas ini kemudian menawarkan model pembelajaran di mana mahasiswa secara aktif terlibat dalam proyek-proyek sosial kemasyarakatan, refleksi diri, dan mengembangkan keterampilan praktis lainnya untuk mendukung perkembangan dan partisipasi sosial mereka.

References

Ahyat1, M., & Zaenudin, Z. (2023). SOSIALISASI KEBERSIHAN LINGKUNGAN DAN BAKTI SOSIAL DENGAN METODE DISKUSI, PENYULUHAN DAN AKSI LAPANGANDI DESA LABUAN PANDAN KECAMATAN SAMBELIA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. Community Development Journal, 4(2).
Amboro, K. (2020). Sejarah Publik dan Pendidikan Sejarah Bagi Masyarakat. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(1), 20–28.
Andrianie, S., Arofah, L., & Ariyanto, R. D. (2022). Karakter Religius: Sebuah Tantangan dalam Menciptakan Media Pendidikan Karakter. Penerbit Qiara Media.
Aprilia, S. B., Ati, N. U., & Sekarsari, R. W. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kecamatan Dampit Dalam Menanggapi Pengaduan Masyarakat Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Desa Pamotan, Ubalan, Dawuhan Kecamatan Dampit Kabupaten Malang). Respon Publik, 14(5), 1–13.
Arif, A. M. (2020). Perspektif Teori Sosial Emile Durkheim Dalam Sosiologi Pendidikan. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(2), 1–14.
Bairizki, A. (2021). Manajemen Public Relations (Teori dan Implementasi Humas Perguruan Tinggi). Pustaka Aksara.
Baried, S. B., Soeratno, S. C., Sawoe, S., Sutrisno, S., Syakil, M., & Syakil, M. (1985). Pengantar teori filologi. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Firdausyi, M. F., Ginanjar, H., Hermawan, W., & Riani, N. D. (2021). MEMBANGUN KARAKTER WARGA NEGARA YANG BERTANGGUNG JAWAB MELALUI UNIT KEGIATAN MAHASISWA DI STKIP PGRI SUKABUMI. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 1307–1313.
Hanafi, M. (2015). Community Based Research panduan merancang dan melaksanakan penelitian bersama komunitas. LP2M UIN Sunan Ampel Surabaya.
Handayani, N. (2023). MOTIVASI KERJA PEGAWAI PENGELOLA KEUANGAN PADA BIRO UMUM DAN KEUANGAN (BUK) UNIVERSITAS TADULAKO. In Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik Tadulako (Vol. 1, Issue 1). https://jimat.org
Hapsari, D. R. (2016). Peran jaringan komunikasi dalam gerakan sosial untuk pelestarian lingkungan hidup. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 1(1), 25–36.
Harapan, E., Pd, M., Ahmad, S., & MM, D. (2022). Komunikasi antarpribadi: Perilaku insani dalam organisasi pendidikan. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.
Hasan, Z., & Mahyudi, M. (2020). Analisis terhadap pemikiran ekonomi kapitalisme adam smith. Istidlal: Jurnal Ekonomi Dan Hukum Islam, 4(1), 24–34.
Herlambang, Y., & Sn, S. (2014). Participatory Culture dalam Komunitas Online sebagai Reperesentasi Kebutuhan Manusia. TEMATIK - Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(1).
Hutagalung, J. B., Noya, F. C., Noija, S., & Lima, F. de. (2020). EVALUASI CAPAIAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN BERBASIS KOMUNITAS PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS PATTIMURA. Molucca Medica, 13(1).
Kadi, T., & Awwaliyah, R. (2017). Inovasi pendidikan: Upaya penyelesaian problematika pendidikan di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 1(2).
Kurniawati, A., & Najicha, F. U. (2023). Pentingnya Peningkatan Kesadaran Kewarganegaraan Pada Mahasiswa Di Lingkungan Kampus. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 12(2), 98–109.
Mardiharto, A. Z. (2016). Fungsi Komunitas Cosura bagi Para Anggotanya. Journal UNAIR.
Mulyawati, I. M., Pandawa, J., Kartasura, K., & Sukoharjo, K. (2021). Penerapan Metode Berbasis Komunitas dengan Pembiasaan Aktivitas Sehari-Hari pada Pembelajaran. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), 3, 104–114. https://doi.org/10.26499/jbipa.v3i2.4206
Nasdian, F. T. (2014). Pengembangan masyarakat. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Pito, T. A., IP, S., Efriza, S., Fasyah, K., & IP, S. (2022). Mengenal teori-teori politik: dari sistem politik sampai korupsi. Nuansa Cendekia.
Prayudi, A., Supriyaddin, S., & Arifin, A. (2023). Studi Literatur: Penggunaan Model Analogi dalam Proses Pembelajaran. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 4(1), 22–28.
Safira, F., Salim, T. A., Rahmi, R., & Sani, M. (2020). Peran Arsip Dalam Pelestarian Cagar Budaya Di Indonesia: Sistematika Review. Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 41(2), 289.
Santoso, D. T. T., & Purwanti, E. (2014). Pengaruh faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen dalam memilih produk operator seluler Indosat-M3 di Kecamatan Pringapus Kab. Semarang. Among Makarti, 6(2).
Sarnoto, A. Z., & Muhtadi, M. (2019). Pendidikan Humanistik Dalam Perspektif Al-Qur’an. Alim | Journal of Islamic Education, 1(1), 21–46. https://doi.org/10.51275/alim.v1i1.118
Sri, B., Hendar, E., & Veronika, P. (2021). Mengembangkan Kompetensi Komunikasi Antarbudaya berbasis Kearifan Lokal untuk Membangun Keharmonisan Relasi Antar Etnis dan Agama. BuatBuku. com.
Sudaryo, Y., Aribowo, A., & Sofiati, N. A. (2019). Manajemen sumber daya manusia: Kompensasi tidak langsung dan lingkungan kerja fisik. Penerbit Andi.
Sulfemi, W. B. (2019). Manajemen Pendidikan Berbasis Multi Budaya.
Wahyuningrum, S. R. (2024). Tridarma Perguruan Tinggi (Teori dan Praktik). IAIN Madura Press.
Zaenal Abidin. (2021). MANAGEMENT OF QUALITY IMPROVEMENT OF CHARACTER EDUCATION BASED ON RELIGION, CULTURE, AND SOCIOLOGY. Al-Afkar, 4(1). https://al-afkar.com/index.php/Afkar_Journal/issue/view/4https://al-fkar.com/index.php/Afkar_Journal/issue/view/4

Downloads

Published

2024-05-20

Issue

Section

Articles

Citation Check