Managemen Supervisi Kepala Madrasah untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Hendi Hidayat Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Ahmad Sukandar Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Marwan Setiawan Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.57032/edukasi.v2i2.135

Keywords:

Managemen supervisi, profesionalisme guru

Abstract

Latar belakang masalah ialah guru Pendidikan Agama belum membuat Renana Pelaksanaan Pembelajaran, Silabus, Materi. Alat peraga dan Lembar Kerja Siswa dan evaluasi . Managemen supervisi oleh kepala Madrasah di dalam kelas di perlukan untuk membina dan mengawasi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi dan mengatasi masalah managemen supervisi untuk meningatkan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam di MadrasahTsanawiyah Nahdhotul Ulama  Karawang. Metode yang digunakan adalah Metode penelitian yang di gunakan adalah pendekatan kualitatif, Jenis dan sumber data menggunakan data primer dan data sekunder, Tehnik Pengumpulan data menggunakan observasi. wawancara dan studi dokumentasi, Tehnik analis data menggunakan Triangulasi data di mana data di pilih yang penting dan sesuai lalu di proses untuk ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini ialah managemen supervisi kepala sekolah di dalam kelas tahap pertama adalah mendapatkan guru belum menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Silabus, Kompetensi Dasar, Materi, alat peraga, Lembar Kerja Siswa dan evaluasi siswa. setelah mendampat bimbingan dari kepala sekolah guru Pendidikan Agama  Islam merubah membuat apa yang di instruksikan oleh kepada Madrasah. Managemen Supervisi ke dua. Guru merasa kepala Madrasah mencari-cari kesalahan guru Pendidikan Agama Islam, setelah diadakan diskusi dan pendekatan antara kepala Madrasah dan guru menghasilkan saling pengertian dan memperbaiki profesional guru, dan managemen supervisi ke tiga guru Pendidikan Agama Islam sudah membuat Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran. Pelaksanaan : Kemampuan guru dalam menghasilkan  perbaikan 1) melaksanakan  mengajar didalam kelas. 2) Kemampuan guru dalam mengelola kela. Hasil profesinalisme guru Pendidikan Agama Islam  adalah hasil belajar yang dicapai murid-murid yang terdiri dari hasil belajar murid dari bidang studi Pendidikan Agama Islam  yang diajarkan oleh guru tersebut, mengintegrasikan tujuan pengajaran Pendidikan Agama Islam, membuat alat peraga, Evaluasi Pengajaran, Mengelola Proses  belajar mengajar, membimbing belajar siswa lebih baik

Author Biography

Hendi Hidayat, Universitas Islam Nusantara Bandung

Latar belakang masalah ialah guru Pendidikan Agama belum membuat Renana Pelaksanaan Pembelajaran, Silabus, Materi. Alat peraga dan Lembar Kerja Siswa dan evaluasi . Managemen supervisi oleh kepala Madrasah di dalam kelas di perlukan untuk membina dan mengawasi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi dan mengatasi masalah managemen supervisi untuk meningatkan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam di MadrasahTsanawiyah Nahdhotul Ulama  Karawang. Metode yang digunakan adalah Metode penelitian yang di gunakan adalah pendekatan kualitatif, Jenis dan sumber data menggunakan data primer dan data sekunder, Tehnik Pengumpulan data menggunakan observasi. wawancara dan studi dokumentasi, Tehnik analis data menggunakan Triangulasi data di mana data di pilih yang penting dan sesuai lalu di proses untuk ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini ialah managemen supervisi kepala sekolah di dalam kelas tahap pertama adalah mendapatkan guru belum menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Silabus, Kompetensi Dasar, Materi, alat peraga, Lembar Kerja Siswa dan evaluasi siswa. setelah mendampat bimbingan dari kepala sekolah guru Pendidikan Agama  Islam merubah membuat apa yang di instruksikan oleh kepada Madrasah. Managemen Supervisi ke dua. Guru merasa kepala Madrasah mencari-cari kesalahan guru Pendidikan Agama Islam, setelah diadakan diskusi dan pendekatan antara kepala Madrasah dan guru menghasilkan saling pengertian dan memperbaiki profesional guru, dan managemen supervisi ke tiga guru Pendidikan Agama Islam sudah membuat Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran. Pelaksanaan : Kemampuan guru dalam menghasilkan  perbaikan 1) melaksanakan  mengajar didalam kelas. 2) Kemampuan guru dalam mengelola kela. Hasil profesinalisme guru Pendidikan Agama Islam  adalah hasil belajar yang dicapai murid-murid yang terdiri dari hasil belajar murid dari bidang studi Pendidikan Agama Islam  yang diajarkan oleh guru tersebut, mengintegrasikan tujuan pengajaran Pendidikan Agama Islam, membuat alat peraga, Evaluasi Pengajaran, Mengelola Proses  belajar mengajar, membimbing belajar siswa lebih baik

References

Munir Yusuf, (2018), Pengantar Ilmu Pendidikan, Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo : Palopo.

Suryosubroto, (2010), Manajemen Pendidikan Nasional di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta

Henny, (2015), Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesional Guru Pada Sma Methodist Kota Banda Aceh, Jurnal Intelektualita: Kajian Pendidikan, Manajemen, Supervisi Kepemimpinan, Psikologi dan Konseling, vol. 3, No 2,

Idris, Jamaluddin, (2007), Analisis Kritis Mutu Pendidikan, Banda Aceh: Taufiqiyah Sa’adah.

Usman, Husaini & Purnomo, (2009), Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Furchan, (1992), Pengantar Metode Penelitian Kualitatif, Surabaya : Usaha Nasional

Muhmidayeli, (2011), Filsafat Pendidikan, Bandung: PT Refika Aditama

Gerald L. Gutek, (1974), Philosophical Alternative in Education, USA: A Bell & Howell Company

Sadulloh, (2014), Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Bumi Aksara

Djumransjah, (2006), Filsafat Pendidikan, Malang: Bayu Media

Imam Barnadib, (1997), Filsafat: Pendidikan Sistem dan Metode, Yogyakarta: Andi Offset,

Mukhtar dan Iskandar, (2009), Orientasi Baru Supervisi Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada

George R.Terry, dan Leslie W. Rue, (2010), Dasar-Dasar Manajemen, Jakarta: Bumi Aksara

Keith Acheson dan Meredith Damien Gall, (1995), Techiques in the Clical Supervision of Teachers: Preservice and Inservice Aplications. New York and London: Pitman Publishing and Longman.

Herlinawati, Herlinawati, Mohamad Sadli, Suzana Indragiri, and Sri Rizki Indira Dewi. 2022. ‘Health Promotion Strategy with MHP (Mask-Wearing, Hand-Washing and Physical Distancing)’. International Journal of Nursing Information 1 (1): 18–23. https://doi.org/10.58418/ijni.v1i1.12.

Kustinah, Etty, Kambali Kambali, and Marwah Lama’atushabakh. 2022. ‘Humanistic Counseling and Student Learning Motivation’. International Journal of Educational Qualitative Quantitative Research 1 (2): 31–39. https://doi.org/10.58418/ijeqqr.v1i2.19.

Nurcahyati, Sri, Sri Tanti Rahmayani, Lili Amaliah, Krisnita Dwi Jayanti, and Septin Handayani. 2022. ‘Analysis of Personal Protective Equipment in The Pandemic Period of Covid-19 on Medical Recording and Health Information Officers’. International Journal of Nursing Information 1 (1): 32–36. https://doi.org/10.58418/ijni.v1i1.16.

Nurfikri, Ari, and Elsa Roselina. 2022. ‘Evaluation of Referral Ratios in Facing Universal Health Coverage in Primary Healthcare Centers’. International Journal of Nursing Information 1 (2): 1–6. https://doi.org/10.58418/ijni.v1i2.26.

Nurhaeni, Heni, Supriatin Supriatin, and Mira Rosmiatin. 2022. ‘Educational Effects of Stop Smoking in Adolescents in the Covid-19 Pandemic’. International Journal of Nursing Information 1 (2): 13–19. https://doi.org/10.58418/ijni.v1i2.28.

Sirait, Healthy Seventina, Faridah Mohd Said, and Nur Syazana Umar. 2022. ‘The Effect of Online-Based Emotional Freedom Technique on the Blood Pressure during the Covid-19 Pandemic’. International Journal of Nursing Information 1 (2): 27–31. https://doi.org/10.58418/Ijni.V1i2.27.

Goldhammmer Anderson dan Krajewski, (1993), Clinical Supervision: Special Methods For The Supervision of Teachers (3th edn), orworth: Harcourt Brace Jovanovich

Murniati AR, (2008), Manajemen Stratejik (Peran Kepala Sekolah dalam Pemberdayaan), Bandung: Citapustaka Media Perintis

Sahertian, (2008), Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta.

Supriatin, Supriatin, Pratuma Rithpho, Asiah Asiah, and Rokhmatul Hikhmat. 2022. ‘Blended Learning to Improve the Physical Examination Ability of Nursing Students’. International Journal of Educational Qualitative Quantitative Research 1 (2): 23–30.

M Rivai dan Murni, (2009), Education Management (Analisis Teori dan Praktek). Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyasa, (2009), Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya

Suhardan, (2010), Standar Kinerja Guru dan Pengaruhnya Terhadap Pelayanan Belajar, dalam Mimbar Pendidikan, Bandung: UPI

Hadari, Perencanaan Sumber Daya Manusia. Gajah Mada, Yogyajarta: University Press, 2008) h. 148-149

Hasibuan, (2010), Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara

Oemar Hamalik, (1992), Administrasi dan Supervisi Pengembangan Kurikulum, Bandung: CV. Mandar Maju

Downloads

Published

2022-08-08

Issue

Section

Articles

Citation Check