Manajemen Pembinaan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Fungsi Guru PAI: Studi Deskriptif Kualitatif di SMP Islam Al-Muttaqien dan SMP Islam Bani Ahmad

Authors

  • Nanang Muhajiri Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Ahmad Sukandar Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Marwan Setiawan Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.57032/edukasi.v2i2.134

Keywords:

Manajemen, Pembinaan Kepala Sekolah, Meningkatkan Fungsi Guru

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Manajemen Kepala Sekolah dalam meningkatkan fungsi Guru di SMP Islam Al Muttaqien dan  SMP Islam Bani Ahmad edan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepala sekolah merumuskan kebijakan, mengatur tata kerja, melakukan pengawasan dan yang menjadi faktor pendukung dan penghambat Kepala Sekolah dalam meningkatkan fungsi guru di SMP Islam Al Muttaqien dan  SMP Islam Bani Ahmad. Secara metodologis, penelitian ini merupakan penelitian lapangan (empiris) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, tata usaha, guru dan siswa. Sedangkan buku arsip, laporan kegiatan dan dokumen pelaksanaan manajemen merupakan data skunder. Dalam pengumpulan data, metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisa kualitatif dengan langkah-langkah pemaparan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Temuan umum dalam penelitian ini adalah kondisi objektif SMP Islam Al Muttaqien dan  SMP Islam Bani Ahmad.

Author Biography

Ahmad Sukandar, Universitas Islam Nusantara Bandung

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Manajemen Kepala Sekolah dalam meningkatkan fungsi Guru di SMP Islam Al Muttaqien dan  SMP Islam Bani Ahmad edan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepala sekolah merumuskan kebijakan, mengatur tata kerja, melakukan pengawasan dan yang menjadi faktor pendukung dan penghambat Kepala Sekolah dalam meningkatkan fungsi guru di SMP Islam Al Muttaqien dan  SMP Islam Bani Ahmad. Secara metodologis, penelitian ini merupakan penelitian lapangan (empiris) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, tata usaha, guru dan siswa. Sedangkan buku arsip, laporan kegiatan dan dokumen pelaksanaan manajemen merupakan data skunder. Dalam pengumpulan data, metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisa kualitatif dengan langkah-langkah pemaparan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Temuan umum dalam penelitian ini adalah kondisi objektif SMP Islam Al Muttaqien dan  SMP Islam Bani Ahmad.

References

C. George ,Edwards, Implementing Public Policy (Washington: Conggressional Quarterly Press, 1980)

Daradjat, Zakiah, et all. 1996. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Akrasa kerjasama dengan Depag

Darajat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara,2006)

Daryanto, Administrasi Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2001), h.8.

Donni Juni Priansa dan Rismi Somad, Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah (Bandung: Alfabeta,2014)

Fatah,Nanang, Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) & Dewan Sekolah, Bandung: Bani Quraisy, 2004)

Feisal, Jusuf Amir. 1995. Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Gema Insani Press

G.Lodico, Marguerite et-al, Methods in Educational Research : From Theory to Practice


George R. Terry dan Leslie W. Rue, Dasar-dasar Managemen, Priciple of

Management (Dasar-dasar Manajemen) terj.G.A.Ticoalu (Jakarta: Bumi Aksara, 1999)

Gunansyah, Ganes. Hand out. Dasar-dasar Pendidikan. 2008.

Hadi, Sutrisno, Metodologi Reseach, untuk penulisan paper, skripsi, thesis, dan disertasi (Yogyakarta: Andi Offset)

Hafidudin ,Didin dan Hendri Tanjung, Manajemen Syariah dalam Praktik, (Jakarta : Gema Insani,2003)

Hamalik, Oemar, Manajemen Pendidikan dan Latihan, (Bandung: Y.P. Pemindo, 2003)

Hanafi, Mamduh. 2003. Manajemen. Yogyakarta: Unit penerbit dan percetakan akademi manajemen perusahaan YKPN.

Handanignrat, Pengantar Suatu Ilmu Administrasi dan Manajemen (Gunung Agung: Jakarta,2002)

Handoko, T. Hani. 2003. Manajemen Edisi 2. Yogyakarta: BPFE –Yogyakarta.

Hendyat Soetopo-Wasty Soemanto, Pengantar Operasional Administrasi Pendidikan (Surabaya: Usaha Nasional, 1998)

I.G. Wursanto, Dasar-Dasar Manajemen Umum, (Jakarta: Pustaka Dian, 1986), h. 20.

Ismaun. 2001. Filsafat Ilmu I. (Diktat Kuliah). Bandung: UPI Bandung

J. Moleong, Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif(Bandung: PT. Rosdakarya, 2002)

Jalaluddin Almahalli dan Jalaluddin Assuyuti, Tafsir Jalalain (Semarang: Usaha Keluarga,tt), h.342.

Keith and Girling dalam buku Rohiat, Manajemen Sekolah-Teori Dasar dan Praktik (Bandung, Refika Aditama, 2008), h. 14.

Kosim ,Engkos, Kebijakan Kepala Sekolah tentang Program Literasi Berbasis Pendidikan Agama Islam dan Implementasinya dalam Upaya Meningkatkan Religiusitas Peserta Didik di SMK IPTEK Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang Tahun, (Tesis Program Pascasarjana STIAMI)

Langgulung ,Hasan, 1986. Manusia dan Pendidikan; Suatu Analisa Psikologi dan Pendidikan. Jakarta: Pustaka Al-Husna

-------------------Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah, Ciputat; Quantum Teaching, 2006

Manulang. (2002). Dasar-Dasar manajemen, Cetakan ke enambelas. Yogyakarta: Gajah Mada University Press,

Margono, S.. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta, cet. V.

Mulyasa, E Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS Dan KBK (Bandung: Rosdakarya, 2005)

Mulyasa, E., Manajemen Berbasis Sekolah, (Bandung:PT Remaja Rosdakarya,2005),

Musyaddat ,Anwar, Pengaruh Tunjangan Profesional Guru dan Motivasi Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI di SMK IPTEK Cilamaya Karawang Jawa Barat (Tesis Universitas Islam Attahiriyah) 2015.

Naim,Ngainun, Menjadi Guru Inspiratif,(Yogyakarta :Pustaka Pustaka, 2009)

Nasution, S,. 2004. Didaktik Asas-asas Mengajar.Cet-3. Jakarta. Bumi Aksara.

Nurabdiah, S. (2016). “Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah.”Jurnal EduTech 2(1)

Nurdin, Syafruddin, Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, (Jakarta: Ciputat Press, 2003)

Peter P.Schoderbek,et.al.,Management (London: Harcourt Brace Jovanovich Publishers, 1988)

Prajudi Atmosudirjo, Administrasi dan Manajemen Umum (Jakarta: Ghalia, 1982),h.124.

Quraisy Shihab,M., Membumikan al-Quran (Bandung : Mizan,1997)

Sadulloh,Uyoh.1994. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: P.T. Media Iptek

Sagala, Syaiful, Administrasi Pendidikan Konteporer (Bandung: Alfabeta, 2000)

Sagala, Syaiful. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan,

Saifullah, Ali.HA. 1983. Antara Filsafat dan Pendidikan: Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional

Santori , Djam‟an dan Aan Komariah, Metodelogi Penelitian Kualitatif (Bandung : CV Alpahabeta,2011)

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta : Rajawali Pres, 2011)

Siagian, Harbangan, Manajemen Suatu Pengantar (Semarang: Satya Wacana, 1993)

Soyomukti,Nurani. 2010. Teori-Teori Pendidikan: Tradisional, (Neo)Liberal, Marxis-Sosialis, Postmodern. Ar-ruzzmedia, Yogyakarta. Cetakan: I,

Downloads

Published

2022-08-08

Issue

Section

Articles

Citation Check