Main Article Content
Abstract
Pendidikan karakter memiliki peran krusial dalam pendidikan dasar sebagai upaya membangun generasi yang cerdas secara intelektual dan berakhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi program tahfidz dalam membangun karakter dan nilai spiritual siswa di MIN 01 Kota Bandung. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan untuk menggali pengalaman, pandangan, dan praktik dalam pelaksanaan program tahfidz yang melibatkan siswa kelas 5, guru, serta orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program tahfidz berdampak positif terhadap kedisiplinan, kejujuran, tanggung jawab, dan kerja sama siswa. Tingkat kehadiran tepat waktu siswa meningkat dari 60% menjadi 85% setelah program berjalan, sementara kebiasaan muraja’ah mandiri di rumah naik dari 30% menjadi 70%. Selain itu, kegiatan kelompok seperti metode sima’an membantu membangun kejujuran dan tanggung jawab siswa, di mana 90% siswa melaksanakan tugas kelompok dengan jujur dan objektif. Kerja sama yang tercipta dalam kelompok juga memperkuat solidaritas, di mana 80% siswa aktif membantu teman yang mengalami kesulitan. Program ini berhasil menanamkan disiplin dan pola hidup yang teratur serta membentuk nilai moral dan spiritual yang kokoh. Penelitian ini merekomendasikan integrasi program tahfidz ke dalam sistem pendidikan formal sebagai upaya membangun generasi muda yang berkarakter dan berintegritas tinggi.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.