Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pada SMK Berbasis Organisasi Keagamaan Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyyah Di Kota Bandung

Authors

  • Dedi Abdurozak SMA Negeri 27 Kota Bandung, Indonesia
  • M. Andriana Gaffar Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Sima Mulyadi Universitas Islam Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.57032/edukasi.v1i2.71

Keywords:

Management, Character Education, SMK

Abstract

The decline of national values caused by the weakness of character education. This research aims to gain an overview of the character education management in VACATIONAL HIGH SCHOOL-based Religious Organization Nahdlatul Ulama (NU) And Muhammadiyyah In Bandung City. The method used is descriptive qualitative approach method and technique of triangulation. Research results show that management education character was made based on the appropriate program of  management and the functions are used. The conclusion that the management of character education in VACATIONAL HIGH SCHOOL-based Religious Organization Nahdlatul Ulama (NU) And Muhammadiyyah In Bandung City was made from planning, organizing, implementing and monitoring that in it there is  the assessment process although those are not optimal.

References

Asmaroini, A. P. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa di Era Globalisasi. Citizenship : Jurnal Pendidikan dan Kewarganegaraan, 4 (2).

Buchory. (2012). Guru: Kunci Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Leotika Prio.

Budiyono, K. (2007). Nilai-nilai Kepribadian dan Kejuangan Bangsa Indonesia. Bandung: Alfabeta.

Dasrizal, F. (2016). Peranan Kepala Desa Dalam Pembinaan Masyarakat Desa. Iosr Journal Of Economics And Finance, 3(1) Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.3929/Ethz-B-000238666.

Hasibuan. (2011). Manajemen: Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hery. (2018). Pengantar Menejemen. Jakarta: Grasindo.

Isnaini, R. L. (2016). Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Manajemen Bimbingan dan Konseling Islam. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Kaelan, Z. (2007). Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pradigma.

Kahin. (2013). Nasionalisme dan Revolusi Indonesia. Depok: Komunitas Bambu.

Kirom, S. (2011). Filsafat Ilmu dan Arah Pengembangan Pancasila Relevansinya Dalam Mengatasi Persoalan Kebangsaan. Jurnal Filsafat UGM,21(2).

Maftufin, W. C. (2016). Pendidikan Sosial Budaya. Bandung: CV.Maulana Media Grafika.

Maria, N. D. (2019). Peran Kepala Desa Dalam Membina Kerukunan Antar Warga Masyarakat Sebagai Implementasi Sila Ketiga Pancasila. Prosding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Pendidikan, 3.

Mulyana, E. (2016). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Panoyo, Yatim, R., & dkk. (2019). Managemen Penguatan Pendidikan Karakter Pada Sekolah Menengah Atas. Halaqa: Islamic Education Jurnal.

Putra, A. (2013). Analisis Kegiatan Gotong Royong Dalam Meningkatkan Pembangunan Gampong Alue Raya Kecamatan Sama Tiga Kabupaten Aceh Barat. Junal Kemasyarakatan.

Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan .

Ruwaifi’, A.-U. (2010). Bersatu dan Berpisah Karena Allah.

Santoso, D. B. (2007). Pelaksanaan Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama Kaitannya dengan Pasal 22 Huruf A. Undang -Undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah (Studi. Junal Kemasyarakatan).

Septian, D. (2020). Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila dalam Memperkuat Kerukunan Umat. Tanjak: Jounal of Education and Teaching, 1 (2).

Simaremare, R. (2013). Peran Serta Kepala Sekolah dan Guru dalam Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Sugiyono. (2017). Metode Kuantitatif,. Kualitatif dan R.D . Bandung: C.V. Alfabeta.

Susanti, D. (2013). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kegiatan PKK Di Desa Kunir Kecamatan Dempet kabupaten Demak. Skripsi Universitas Negeri Semarang.

Susetiadi, R. (2012). Implementasi Nilai Persatuan dan Demokrasi pada Pertemuan Rutin Warga. Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Timur, Y. P. (2017). Masyarakat Multikultur Di Ujung Timur Pulau Jawa . Studi Kasus Di Desa Patoman Blimbingsari ,6 (2).

Widjaja. (1898). Manusia Indonesia INDIVIDU KELUARGA DAN. Jakarta: Akademika Pressindo.

Wulandari , Y., & Kristiawan, M. (2017). Strategi Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan.

Zuchdi, D. (2008). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.

Downloads

Published

2021-10-09

Issue

Section

Articles

Citation Check