Manajemen Evaluasi dalam Al-Qur'an: Studi Kasus Surah Yasin Ayat 65
Main Article Content
Abstract
Al-Qur'an, sebagai kitab suci, menginspirasi kajian ilmiah lintas disiplin. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis prinsip-prinsip evaluasi dalam perspektif Islam berdasarkan Surat Yasin ayat 65. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi dan lensa teoretis tafsir lughowi, penelitian ini menggali makna leksikal dan gramatikal ayat tersebut. Data dikumpulkan dari kitab-kitab tafsir klasik dan kontemporer yang representatif dan otoritatif, serta buku dan jurnal terkait evaluasi dan manajemen. Hasil penelitian mengungkapkan beberapa prinsip evaluasi, antara lain transparansi, akuntabilitas, validitas, keadilan, dan keberlanjutan, yang merefleksikan pentingnya evaluasi yang terstruktur, adil, dan bertanggung jawab. Relevansi dan keterbatasan penerapan prinsip-prinsip ini dalam konteks manajemen modern juga didiskusikan, dengan menekankan perlunya kehati-hatian dalam generalisasi dan pentingnya pengembangan kerangka kerja yang lebih operasional. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi wacana evaluasi dalam perspektif Islam dan memberikan wawasan bagi para manajer dalam meningkatkan kualitas dan keadilan evaluasi
Article Details
References
Al-Anshari, Jamaluddin bin Hisyam (2005). Mughni al-Labib 'an Kutub al-A'arib, Beirut: Dar Al Kutub Al Ilmiyah
Al-Baghawi, Al-Husain bin Mas'ud (1992). Ma'alimut Tanzil fi Tafsir Al-Qur'an, Beirut: Dar Al-Fikr.
Al-Qurtubi, Muhammad bin Ahmad (1993). Al-Jami' li Ahkam Al-Qur'an, Beirut: Dar Al Kutub Al Ilmiyah.
Al-Zamakhsyari, Mahmud bin Umar (1997). Al-Kasysyaf 'an Haqaiq Ghawamid At-Tanzil wa 'Uyun Al-Aqawil fi Wujuh At-Ta'wil, Beirut . Dar Al-Kitab Al-Arabi.
Al-Asfahani, Ar-Raghib. (2003). Al-Mufradat fi Gharib Al-Qur'an, Al-Maktabah At-Taufikiyah: Kairo.
At-Tabari, Ibnu Jarir. (2001). Tafsir At-Tabari (Jami' Al-Bayan 'an Ta'wil Ay Al-Qur'an), Kairo : Dar Al-Ma'arif
As-Suyuti, Jalaluddin. Al-Itqan fi Ulum Al-Qur'an (tt), Beirut : Dar Al-Ma'arif
Dahlan, Abd. Rahman. (2010). Kaidah-kaidah Tafsir. Jakarta: AMZAH.
Huda, Nailul. (2022). Alfiyyahku Istimewa: Kajian, Analisa & Tanya Jawab. Lirboyo: Santri Salaf Press.
Heryansyah, Tedy Rizkha (2020), Prinsip dalam Evaluasi Pembelajaran, https://www.ruangguru.com/blog/prinsip-evaluasi-pembelajaran (Diakses tanggal 12 Oktober 2024)
Irfan, Abu Hafizhah. (2022). Kaidah-Kaidah Tafsir. Surabaya: Pustaka Albayyinah.
Kirkpatrick, Donald L. (2006). Evaluating Training Programs. San-Fancisco: Berrett-Koehler Publishers
Safriadi. (2021). Maqashid Al-Syari`ah & Mashalah, Lhokseumawe : Sefa Bumi Persada.
Shihab, M. Quraish. (2013). Kaidah Tafsir, Tanggerang: Lentera Hati.
Stake, Robert E. (1995). The Art of Case Study Research. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Stufflebeam, D. L., & Shinkfield, A. J. (2007). Evaluation theory, models, and applications. San Francisco, CA: Jossey-Bass.
Ulfa, Maria. (2016). Konsep Evaluasi Pendidikan Perspektif Al-Qur'an Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan (Pendekatan Tematik). Jurnal SUHUP, Vol. 28, No2. Tahun 2016