Konseptualisasi kurikulum adaptif : pendekatan holistik dalam pembelajaran inklusif
Main Article Content
Abstract
Kurikulum adaptif merupakan upaya untuk memberikan kualitas pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, termasuk peserta didik berkebutuhan khusus. Kurikulum adaptif dengan pendekatan holistik dapat menjadi solusi untuk mewujudkan sistem pendidikan yang inklusif. Pendidikan inklusif memiliki tujuan untuk mengakomodasi keberagaman dan perbedaan individu peserta didik, sehingga mereka dapat belajar bersama-sama tanpa diskriminasi. pendidikan inklusif yang menerapkan kurikulum adaptif dengan pendekatan holistik dapat menjamin kesetaraan akses dan partisipasi bagi seluruh peserta didik. Kurikulum adaptif yang responsif terhadap kebutuhan individu peserta didik dapat mendukung terciptanya lingkungan belajar yang inklusif, di mana semua peserta didik dapat terlibat secara aktif dan efektif dalam proses pembelajaran.Pendekatan holistik dalam kurikulum adaptif memungkinkan adanya penyesuaian materi, metode, hingga evaluasi pembelajaran sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan masing-masing peserta didik. Dengan demikian, pendidikan inklusif yang menerapkan kurikulum adaptif dengan pendekatan holistik dapat menjamin kesetaraan akses dan partisipasi bagi seluruh peserta didik, termasuk mereka yang membutuhkan dukungan khusus.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.