The Deliberation-Based Learning Method (Bahtsul Masail) in PAI Subjects at SMK Syahida Tasikmalaya

Main Article Content

Deden Syarif Hidayatulloh

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) memainkan peran strategis dalam membentuk karakter, moral, dan pemahaman keagamaan siswa. Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi metode Bahtsul Masail dalam pembelajaran PAI di SMK Syahida Tasikmalaya, dengan fokus pada proses perencanaan, pelaksanaan diskusi, dan evaluasi hasil belajar. Metode Bahtsul Masail, yang berbasis tradisi intelektual Islam, memberikan pengalaman belajar interaktif dengan melibatkan siswa dalam diskusi berbasis dalil. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan studi kasus, melibatkan guru PAI sebagai informan utama dan 97 siswa kelas XI sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ini efektif meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi PAI, melibatkan mereka secara aktif dalam diskusi, dan memperkuat keterampilan berpikir kritis serta kolaborasi. Namun, beberapa tantangan teridentifikasi, seperti keterbatasan waktu pembelajaran, perbedaan tingkat partisipasi siswa, dan kesulitan dalam memahami dalil secara mandiri. Temuan ini menyoroti pentingnya perencanaan yang matang dan strategi pendukung dalam implementasi metode Bahtsul Masail. Penelitian ini memperkaya literatur tentang pendekatan pembelajaran interaktif berbasis tradisi Islam yang relevan dalam konteks pendidikan modern.

Article Details

Section
Articles

References

Assyakurrohim, Dimas, Dewa Ikhram, Rusdy A Sirodj, and Muhammad Win Afgani. “Metode Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif.” Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer 3, no. 01 (2023): 1–9.
Budiman, Agus. “Efisiensi Metode Dan Media Pembelajaran Dalam Membangun Karakter Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” At-Ta’dib 8, no. 1 (2013).
Djajanegara, Asep R. “Teknik Analisis Data (Analisis Kualitatif Pada Hasil Kuesioner).” Medikom| Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Dakwah 1, no. 1 (2019): 55–65.
Guru Mata Pelajaran PAI. “Wawancara Guru SMK Syahida.” 2024.
Hanani, Nurul. “Manajemen Pengembangan Pembelajaran Kitab Kuning.” Realita: Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam 15, no. 2 (2017).
Hasanah, Hasyim. “Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial).” At-Taqaddum 8, no. 1 (2017): 21–46.
Hidayatulloh, M Syarif. “Pembelajaran Kontekstual Dalam Kegiatan Bahtsul Masail Santri Di Pondok Pesantren Al-Muhibbin Bahrul Ulum Tambakberas Jombang.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (2018): 177–200.
Insiyyah, Jauharotul, Sri Jumini, and Ahmad Khoiri. “Implementasi Metode Bahtsul Masail Berbasis Pendidikan Pesantren Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Menganalisis Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika Di SMA.” Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika 13, no. 2 (2020): 50–54.
Khoirin, Dalila, and Tasman Hamami. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam 2013 Integratif Dalam Menghadapi Era Society 5.0.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 16, no. 1 (2021): 83–94.
Mahzumi, Muhammad Al-Qodhi Abi Saidil, and Wasito Wasito. “Program Musyawarah Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Siswa Madrasah Diniyah Haji Ya’qub.” Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman 30, no. 1 (2019): 115–29.
Muqit, Abd, Moh Nawafil, and Djuwairiyah Djuwairiyah. “Desain Baru Dalam Menangkal Radikalisme Agama Melalui Pembelajaran Fiqh Multi Madhab Di Mahad Aly Situbondo.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 04 (2023).
Nafiah, Azizatun, and Munawir Munawir. “Implementasi Metode Bahtsul Masail Terhadap Motivasi Belajar PAI.” TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 5, no. 1 (2022): 44–51.
Pratomo, Hilmy. “Transformasi Metode Bahtsul Masail Nu Dalam Berinteraksi Dengan Al-Qur’an.” Jurnal Lektur Keagamaan 18, no. 1 (2020): 109–34.
Rasyidi, Ahyar. “Pendidikan Agama Islam Dan Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Sebagai Pengembang Pemahaman Serta Pengamalan Ajaran Islam Kehidupan Sehari-Hari.” Islamic Education Review 1, no. 1 (2024): 1–21.
Sholeh, Slamet, and Mimin Maryati. “Peran Guru PAI Dalam Pembentukan Karakter Siswa.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 6, no. 2 (2021): 212–17.
Siswa Kelas XI. “Wawancara Siswa SMK Syahida.” 2024.
Surachman, Arie, Desfita Eka Putri, and Adi Nugroho. “Transformasi Pendidikan Di Era Digital Tantangan Dan Peluang.” Journal of International Multidisciplinary Research 2, no. 2 (2024): 52–63.
Umam, Muhammad Saiful. “Menakar Dalil Pro Kontra Pernikahan Anak Dari Hasil Bahtsul Masail NU.” IJouGS: Indonesian Journal of Gender Studies 1, no. 1 (2020): 17–28.
Ya’cub, Mihmidaty, Nurul Lailiyah, and Nur Hani’ah. “Manajemen Pembelajaran Berbasis Bahtsul Masail Pada Mata Pelajaran Fiqih Ibadah Di Pondok Pesantren Fathul Ulum Jombang.” Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam 4, no. 1 (2020): 52–73.
Zahro, Ahmad. Tradisi Intelektual NU; Lajnah Bahtsul Masail 1926-1999: Tradisi Intelektual NU. LkiS Pelangi Aksara, 2004.
Zubaidah, Siti. “Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran.” In Seminar Nasional Pendidikan, 2:1–17, 2016.