The Strategies for the Implementation of Audiobook-Based Islamic Religious Education Learning at SLBN Cileunyi Strategies for the Implementation of Audiobook-Based Islamic Religious Education Learning at SLBN Cileunyi
Main Article Content
Abstract
Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran strategis dalam membangun karakter dan spiritualitas siswa. Namun, bagi siswa tunanetra, pembelajaran PAI menjadi tantangan karena keterbatasan akses bahan ajar visual dan metode konvensional yang kurang efektif. Penelitian ini mengeksplorasi strategi penerapan pembelajaran PAI berbasis audiobook di SLBN Cileunyi, yang dirancang untuk meningkatkan aksesibilitas dan kualitas pembelajaran bagi siswa tunanetra. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan observatif, penelitian ini mendalami implementasi dan evaluasi efektivitas audiobook dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan audiobook berdampak positif pada pemahaman, hafalan, dan partisipasi siswa. Pemahaman siswa terhadap materi meningkat dari skor rata-rata 2,7 menjadi 4,3. Hafalan doa harian juga mengalami peningkatan signifikan, dari rata-rata 4 doa menjadi 9 doa. Partisipasi siswa dalam diskusi kelas melonjak dari 35% menjadi 80%, mencerminkan peningkatan kepercayaan diri dan keterlibatan mereka. Tingkat kepuasan siswa terhadap metode ini mencapai skor 4,5 dari 5, menunjukkan bahwa audiobook membantu menciptakan pengalaman belajar yang inklusif dan efektif. Penelitian ini menegaskan bahwa audiobook adalah media inovatif yang mendukung pembelajaran agama secara lebih adaptif dan interaktif.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Afriani, Anjani Betty, Gesilia Wilmanda, and Afdri Jiyaris Gamaradika. “Difabel Di Pusat: Artificial Intelligence Dan Bazar Platform Sebagai Medium Inklusif Sistem Edukasi.” In Prosiding Seminar Nasional Kemahasiswaan, 1:1–9, 2023.
Anwas, Oos M. “Audiobook: Media Pembelajaran Masyarakat Modern.” Jurnal Teknodik, 2014, 54–62.
Ching, Lau Shiau, and Mohd Mokhtar Tahar. “Penggunaan Peralatan Multisensori Buku Audio Dalam Meningkatkan Minat Murid-Murid Masalah Pembelajaran Terhadap Membaca.” Jurnal Dunia Pendidikan 3, no. 1 (2021): 530–36.
Firmansyah, Mokh Iman. “Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar, Dan Fungsi.” Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam 17, no. 2 (2019): 79–90.
Handoyo, Rendy Roos. “Analisis Teori Belajar Dalam Metode Pembelajaran Membaca Braille Pada Anak Tunanetra.” Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran 5, no. 1 (2022): 60–70.
Ilham, Edwar. “Peningkatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Teknologi Digital: Tantangan Dan Peluang Terkini,” n.d.
Kasiram, Moh. “Metodologi Penelitian: Kualitatif–Kuantitatif.” Uin-Maliki Press, 2010.
Mais, Asrorul. Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK): Buku Referensi Untuk Guru, Mahasiswa Dan Umum. Pustaka Abadi, 2016.
Mishra, Punya, and Matthew J Koehler. “Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge.” Teachers College Record 108, no. 6 (2006): 1017–54.
Purnamayanti, Arnila, and Alviarana Tsamarah Utami Putri. “Strategi Peningkatan Minat Baca Kelompok Tunanetra Melalui Media Audiobook (Studi Pada SLB-A Bina Insani Bandar Lampung).” Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi 4, no. 1 (2020): 109–17.
Purwati, Panca Dewi, Astrid Azzahra, Sila Karisma Bestari, Nova Laurina Ramadhani, Danun Reyhan Ardiansyah, Dinda Syavira Maharani, Nugroho Adi Saputro, Riangga Maharani, Kirana Primandini, and Shafa Setya Rizky. Desain Pembelajaran Inovatif Dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Cahya Ghani Recovery, 2024.
Rahmadi, Imam Fitri. “Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 6, no. 1 (2019).
Santi Komaladini. “Wawancara.” 2024.
Supriyono, Ignatius Agus, Ngemas Fizar Bintang Ramadhan, and Muhammad Sri Bintang Prasetyo. “Perancangan Alat Audiobook Player Untuk Manula Dan Tunanetra Dengan Raspberry Pi.” Innovative Creative and Information Technology 3, no. 1 (n.d.): 32–41.