A IMPLEMENTATION OF ISLAMIC VALUES EDUCATION IN MORAL LEARNING AT MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HIDAYAH PANGKALAN TASIKMALAYA pendidikan nilai-nilai islam
Main Article Content
Abstract
Abstract: This research aims to examine the implementation of Islamic values education in moral learning at Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Pangkalan, Tasikmalaya. Islamic values education is an integral part in forming students' character based on the teachings of the Islamic religion. This research aims to examine the implementation of Islamic values education in moral learning at Madrasah Iibtidaiyah Al-Hidayah Pangkalan Tasikmalaya. Using a descriptive qualitative approach, this research focuses on the process and effectiveness of implementing Islamic values, such as honesty, responsibility, courtesy and tolerance in forming student character. Data was collected through observation, interviews with teachers and students, as well as documentation of school activities. The results of the research show that Islamic values education at Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah has succeeded in forming students' Islamic character through the integration of these values in moral learning. Teachers act as role models, and daily activities such as group prayer, congregational prayers, and community service familiarize students with applying moral values in everyday life. The application of these values has a positive impact, both at school and in the family environment, which is marked by increased attitudes of discipline, responsibility and mutual respect among students. The conclusion of this research is that the implementation of Islamic values education at Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah is effective in forming the character of students who have noble morals and are ready to practice Islamic values in life.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pendidikan nilai-nilai Islam dalam pembelajaran akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Pangkalan, Tasikmalaya. Pendidikan nilai-nilai Islam merupakan bagian integral dalam pembentukan karakter siswa yang berlandaskan pada ajaran agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pendidikan nilai-nilai Islam dalam pembelajaran akhlak di MI Al-Hidayah Pangkalan Tasikmalaya. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini berfokus pada proses dan efektivitas penerapan nilai-nilai Islam, seperti kejujuran, tanggung jawab, sopan santun, dan toleransi dalam pembentukan karakter siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan guru dan murid, serta dokumentasi kegiatan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan nilai-nilai Islam di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah berhasil membentuk karakter islami siswa melalui integrasi nilai-nilai tersebut dalam pembelajaran akhlak. Guru berperan sebagai teladan, dan kegiatan sehari-hari seperti doa bersama, salat berjamaah, dan kerja bakti membiasakan siswa menerapkan nilai-nilai akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan nilai-nilai ini berdampak positif, baik di sekolah maupun di lingkungan keluarga, yang ditandai dengan meningkatnya sikap disiplin, tanggung jawab, dan saling menghargai di kalangan siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa implementasi pendidikan nilai-nilai Islam di MI Al-Hidayah efektif dalam membentuk karakter siswa yang berakhlak mulia dan siap mengamalkan nilai-nilai islami dalam kehidupan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Anwar, R. N., & Muhayati, S. (2021). Upaya membangun sikap moderasi beragama melalui pendidikan agama islam pada mahasiswa perguruan tinggi umum. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 1–15.
Astuti, R. F. (2015). Internalisasi nilai-nilai agama berbasis tasawuf di pondok pesantren salafiyah al-qadir sleman yogyakarta. Jurnal Pendidikan Islam Dan Keguruan, 3(2), 114.
Aziz, A. (2018). Membangun Karakter Anak dengan Alquran. CV. Pilar Nusantara.
Berlian, I., Hamengkubuwono, H., & Idris, M. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Tauhid Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kampung Delima Curup Timur). Institut Agama Islam Negeri Curup.
Cumarsih, C. (2024). Guru Akidah Akhlak. MI Al-hidayah Pangkalan.
Gunawan, D., Raniri, I. A. A., Setyawan, R. N., & Prasetya, Y. D. (2021). Web-Based Library Information System in Madrasah Ibtidaiyah Negeri Surakarta. Jurnal Teknik Informatika (Jutif), 2(1), 33–41.
Hidayat, A., & Machali, I. (2012). Pengelolaan pendidikan: konsep, prinsip, dan aplikasi dalam mengelola sekolah dan madrasah. Kaukaba.
Jamilah, S. (2020). Bimbingan konseling dan implementasinya dalam pendidikan islam. KREATIF: Jurnal Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 18(1), 74–83.
Meiliasari, R., Alfianti, U. U. A., & Purwanti, F. (2022). Implementasi Tujuan Pendidikan Islam Dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. TARBAWI: Journal on Islamic Education, 6(2), 122–131.
Mukhlis, M., Rasyidi, A., & Husna, H. (2024). Tujuan Pendidikan Islam: Dunia, Akhirat Dan Pembentukan Karakter Muslim Dalam Membentuk Individu Yang Berakhlak Dan Berkontribusi Positif. AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1–20.
Natsir, N. F., Aisyah, A., Hasbiyallah, H., & Ihsan, M. N. (2018). Mutu pendidikan: kerjasama guru dan orang tua. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(2), 311–327.
Nawali, A. K. (2018). Hakikat, nilai-nilai dan strategi pembentukan karakter (akhlak) dalam Islam. Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 325–346.
Purnamasari, I., Rahmawati, R., Noviani, D., & Hilmin, H. (2023). Pendidikan Islam Transformatif. IHSANIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(4), 13–22.
Rahmah, S. (2021). Akhlak dalam Keluarga. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 20(2), 27–42.
Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.
Sahir, S. H. (2021). Metodologi penelitian. Penerbit Kbm Indonesia.
Setyo, S., Mudhofir, M., & Choiriyah, S. (2021). Manajemen Mutu Lembaga Pendidikan Berprestasi Pada Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 266–274.
Subianto, J. (2013). Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam pembentukan karakter berkualitas. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2).
Suryani, I., Ma’tsum, H., Baniah, S., & Supriadi, S. (2021). Studi Akidah Akhlak Tentang Nilai Baik dan Buruk. Islam & Contemporary Issues, 1(1), 39–44.
Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-jenis penelitian dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23.
Syifa. (2024). siswa kelas 5 MI Al-Hidayah Pangkalan.
Thohari, H., Pangesthi, S., & Naryaningsih, P. D. (2024). Studi Literatur tentang Adab Siswa terhadap Guru: Implikasi Psikologis, Sosial, dan Pendidikan. Journal of Mandalika Literature, 5(4), 986–994.
Yaqin, A. (2021). Pendidikan Akhlak/Moral Berbasis Teori Kognitif-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.